Tanaman Liar

Ini 7 Manfaat Daun Putri Malu yang Jarang Diketahui

Daun putri malu punya nama Latin, yaitu Mimosa pudica L. (Mimosaceae). Daun ini juga dikenal sebagai ‘tumbuhan malu’ atau ‘tumbuhan hidup dan mati’.

Daun putri malu sangat unik, karena kalau kamu menyentuhnya, daunnya bisa bergerak menutupi seluruh batang daun. Daunnya berwarna hijau keabu-abuan dan memiliki duri. Nah, mau tahu apa saja manfaat daun putri malu untuk kesehatan tubuh? Berikut ulasannya!

Berbagai Manfaat Putri Malu untuk Kesehatan

Manfaat putri malu datang dari aktivitas antibakteri, antivenom, antifertilitas, antikonvulsan, antidepresan, afrodisiak, dan berbagai aktivitas farmakologis lainnya. Nah, beberapa khasiatnya, antara lain:

1. Agen antikolesterol

Penelitian berjudul Profiling gc-ms ethanol extract of putri malu leaves (Mimosa pudica L.) and its potential as anti cholesterol in vitro yang terbit pada Jurnal Universitas Sebelas Maret menemukan, bahwa putri malu memiliki sifat antikolesterol.

Temuan penelitian tersebut mengungkapkan ekstrak etanol daun putri malu menunjukkan aktivitas antikolesterol yang kuat. Kandungan ini juga menunjukkan potensinya sebagai agen pengobatan hiperkolesterolemia.

Hiperkolesterolemia sendiri adalah kondisi saat kadar kolesterol total, kolesterol jahat, dan trigliserida dalam darah terlalu tinggi. Hal ini dapat meningkatkan risiko penyakit jantung, salah satunya aterosklerosis.

Selain mengonsumsi daun putri malu, kamu juga bisa minum rekomendasi obat penurun kolesterol dalam artikel ini: “Ini 7 Rekomendasi Obat Kolesterol yang Ampuh Turunkan Kolesterol Tinggi”.

2. Agen antikejang

Menurut studi ilmiah berjudul Anticonvulsant activity of Mimosa pudica decoction yang terbit pada Fitoterapia, rebusan daun putri malu dapat melindungi terhadap kejang akibat pentylenetetrazole dan strychnine. 

Penelitian juga menyebutkan, efektivitas antikejang pada putri malu tidak berpengaruh terhadap kejang yang terjadi karena picrotoxin. Meski beguna, penelitian lebih lanjut masih diperlukan.

3. Mengobati wasir

Manfaat daun putri lainnya, yaitu efektif membantu mengobati wasir. Ramuan ini bisa kamu konsumsi 2-3 kali sehari saat mengalami kekambuhan gejala wasir. Jika sudah sembuh, hentikan penggunaan untuk meminimalisir efek samping pasca penggunaan.

Selain mengonsumsi putri malu, kamu juga bisa mengatasi wasir dengan beberapa rekomendasi salep dalam artikel ini: 4 Salep untuk Mengobati Ambeien yang Dapat Dicoba.

4. Mengatasi hipertensi

Hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah kondisi berbahaya yang bisa berujung pada penyakit jantung, stroke, dan sakit ginjal. Jika tekanan darah sedang tinggi, kamu bisa mengambil sari daun yang sudah dihancurkan. Konsumsi 15 ml sebanyak 2 kali sehari.

5. Menyehatkan pencernaan

Manfaat putri malu lainnya adalah meningkatkan kesehatan pencernaan, terutama pada organ usus. Tanaman herbal ini membantu meningkatkan gerak usus, sehingga feses lebih mudah dikeluarkan. Cara ini dapat membantu mencegah konstipasi dan melancarkan BAB.

6. Mencegah radikal bebas

Khasiat ini datang dari kandungan baiknya berupa antioksidan. Asupan tersebut berperan dalam menghentikan pembentukan radikal bebas di dalam tubuh yang berasal dari racun dan kotoran.

Dari biji, batang, hingga daunnya, bagian daun putri malu lah yang paling banyak mengandung antioksidan. Sementara pada bagian biji dan batangnya, antioksidan hadir dalam jumlah yang lebih kecil.

7. Mencegah masalah hati

Terakhir, putri malu dapat membantu mencegah masalah hati, terutama pada pengidap penyakit Lyme dan infeksi parasit. Patogen penyebab kedua penyakit tersebut biasanya bersembunyi di hati, lalu menyumbat sistem kerja organ tersebut.

Dari penyumbatan, akan muncul peradangan pada organ hati. Hal ini kemudian disusul dengan kerusakan organ, hingga tidak dapat berfungsi sepenuhnya. Padahal, hati berfungsi menghasilkan cairan empedu untuk metabolisme pencernaan.

Selain daun putri malu, kamu juga bisa mencoba daun kelor untuk membantu menjaga kesehatan menyeluruh. Ketahui beragam manfaatnya di sini: 13 Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan.

Itulah penjelasan terkait dengan kandungan dan manfaat oat milk untuk kesehatan. Kamu bisa ngobrol langsung dengan dokter spesialis gizi klinis di Halodoc terkait dengan takaran yang sesuai.

Baca Juga : https://alanyatuning.com/khasiat-tanaman-anting-anting/