Tanaman Buah

Hasil Lebih Menguntungkan, Petani Cabai Beralih Tanam Jeruk Lemon California

Sugi Sugiarto (30) petani asal Desa Kandangan Kecamatan Kandangan Temanggung lebih memilih menanam jeruk lemon California karena lebih menguntungkan.
Saat ditemui oleh tim Media Center, Senin (18/3), Sugi mengatakan bahwa ia beralih dari menanam cabai ke Jeruk Lemon California karena menurutnya keuntungan yang didapatkan dari menanam pohon ini lebih banyak daripada menanam cabai, harga jualnya juga relatif stabil serta tidak terganggu oleh faktor cuaca, tidak seperti cabai ataupun sayuran yang harus bergantung dengan cuaca dari website https://themillenniumvillage.com/.

Sugi juga menyampaikan bahwa ia menyiapkan tanah seluas 2000 m2 untuk menanam Lemon California yang ditanamnya selama 2,5 tahun. Dalam 1 bulan Sugi bisa lakukan 2 kali panen dengan total panen yang didapat selama satu tahun kemarin sebanyak 1,4 ton.“Tahun pertama kemarin saya bisa panen sebanyak 1,4 ton, untuk tahun ini saya target agar bisa mencapai 2 ton”, ungkap Sugi.

Sugi menambahkan alasannya memilih Jeruk Lemon California, karena menurutnya Harga jualnya lebih tinggi dibandingkan dengan jeruk yang lain, harga jual Jeruk Lemon California saat ini mencapai Rp 30.000 per kilogram. Hasil panennya ia jual melalui media sosial seperti facebook, twitter dan instagram dengan keuntungan sebesar Rp 35.000.000 atau rata-rata penghasilan per bulannya Rp 2.500.000.
Sugi menjelaskan bahwa Lemon California akan berbuah selama 1 tahun dari pertama tanam serta mempunyai perbedaan antara Lemon California dengan lemon lokal yaitu hasil buah dan serta kandungan air dan vitaminnya juga lebih banyak.

Saat ini sudah ada beberapa petani di daerahnya yang mengikuti jejaknya, walaupun masih ada beberapa kendala yang dialami seperti sulitnya air saat musim kemarau yang mengharuskan dirinya untuk mengambil air dari sungai yang ada di bawah lahannya, sedangkan untuk hama sama dengan tanaman jeruk lain seperti ulat dan kutu.“Tidak banyak kesulitan untuk menanam lemon ini, karena tidak musiman juga tidak terganggu oleh faktor cuaca”, tambah Sugi.

Tanaman lemon memiliki batang dengan tinggi berkisar 2-6 meter dan tumbuh di area sub-tropis. Tanaman ini dapat tumbuh ideal pada suhu antara 15-30 derajat celcius pada lahan di dataran tinggi maupun rendah dengan tanah yang memiliki kandungan organik yang memadai dan sinar matahari yang cukup.

Tanaman jeruk lemon tidak tahan dengan cuaca dingin dan bisa tumbuh hingga mencapai ketinggian 6 meter.

Sitrunjeruk sitrun (dari bahasa Belanda, citroen), atau limun (bahasa Arab: ليمون), limau (Portugis: limão), atau lemon adalah sejenis jeruk yang buahnya biasa dipakai sebagai penyedap dan penyegar dalam banyak seni boga dunia.

Pohon berukuran sedang ini dapat mencapai 6 m dan tumbuh di daerah beriklim tropis dan sub-tropis serta tidak tahan akan cuaca dingin. Sitrun dibudidayakan di Spanyol, Portugal, Argentina, Brasil, Amerika Serikat dan negara-negara lainnya di sekitar Laut Tengah. Tumbuhan ini cocok untuk daerah beriklim kering dengan musim dingin yang relatif hangat. Suhu ideal untuk sitrun agar dapat tumbuh dengan baik adalah antara 15-30 °C (60-85 °F).

Di musim panas seperti ini, selain hawanya tidak menyenangkan, badan juga pasti rentan terhadap segala macam penyakit. Rasanya mudah haus, terlebih bagi mereka yang tidak bisa lepas dari air conditioner. Kulit dan bibir pun jadi mudah kering.
Tahukah Anda, apa yang mudah kita lakukan dalam kondisi seperti ini? Ternyata, menyimpan lemon di rumah adalah hal yang paling bijak untuk kita lakukan saat musim panas seperti ini. Selain bagus bagi kesehatan tubuh, banyak juga manfaat lain yang bisa kita ambil dari buah berkulit kuning cerah yang selalu tersedia di rumah.
Berikut ini beberapa manfaat dari buah lemon:
1. Mengatasi Bibir Pecah-Pecah dan Kering
Bagi Anda yang kurang suka minum atau mudah sariawan karena panas dalam, lemon sangat baik bagi kesehatan bibir. Caranya bisa dengan mencampurkan beberapa sendok lemon dengan madu, kemudaian dioleskan ke bibir selama sepuluh menit. Lakukan hal ini setiap malam sebelum tidur atau sambil melakukan pekerjaan di depan komputer. Setelah itu, bilas dengan tisu basah atau air hangat. Lakukan secara rutin seminggu dua atau tiga kali. Imbangi dengan minum air putih minimal 8 gelas sehari.
2. Mengobati Panas Dalam
Tanda bagi Anda yang kurang minum atau serat biasanya tenggorokan juga mudah rentan dengan radang yang membuat suara serak, bahkan hilang. Menelan makanan atau minuman tenggorokan rasanya seperti tersekat dan sakit.
Nah, lemon sangat mujarab sekali bila diminum hangat setengah panas. Peras satu buah jeruk lemon ukuran sedang, kemudian tuangkan air panas. Tambahkan air biasa secukupnya sampai terasa hangat di perut bila diminum. Kemudian, tambahkan madu 1-2 sendok, aduk hingga merata. Minum selagi hangat saat perut kosong di pagi hari dan menjelang tidur. Yakinlah, saat bangun tidur keesokan harinya atau setelah seharian beraktivitas, tubuh akan terasa lebih segar dari biasanya.
3. Menyegarkan Rambut Lembap Akibat Keringat
Anda yang rambutnya mudah lembap karena gampang berkeringat tentu sering merasa tidak nyaman. Selain menimbulkan gatal, rambut juga jadi tidak enak dilihat. Untuk mengatasinya, kita bisa menggunakan air perasa lemon yang diampur dengan baking soda. Setelah itu, ratakan ke seluruh kepala sebelum Anda pergi ke kamar mandi. Biarkan meresap beberapa saat, setelah itu siram dengan air pelan-pelan dan gunakan sampo seperti biasa. Lakukan minimal satu minggu sekali, niscaya rambut Anda terhindar dari lembap atau mudah gatal akibat keringat.
4. Menghindari Komedo atau Wajah Berminyak
Bagi Anda yang wajahnya mudah berkomedo atau berminyak, lemon juga bisa digunakan sebagai scrub atau masker. Bila digunakan sebagai masker, campurkan lemon dan madu dengan perbandingan lemon dan madu adalah 1:2. Oleskan selama 15 menit, setelah itu bilas dengan air hangat. Kulit akan terasa begitu kenyal.
5. Memutihkan Gigi
Paduan baking soda dan lemon yang seimbang sangat bagus untuk memutihkan gigi dan menjaga enamel gigi secara nyata. Caranya, buatlah pasta dengan perbandingan lemon dan baking soda 1:1 menjadi komposisi yang ciamik untuk memutihkan gigi anda. Gosokkan pada gigi selama kurang lebih 1 menit. Bila dilakukan secara rutin satu atau dua kali seminggu, cara ini mampu memutihkan gigi secara perlahan dan alami.
Demikianlah beberapa manfaat lemon yang bisa Anda dapatkan di musim panas ini, baik bagi kecantikan maupun kesehatan tubuh. Semoga kesehatan tubuh kita selalu terjaga, ya.