Pegunungan / Hutan

Berita Tentang Makanan Viral Banget Dari Akhir Tahun 2023 Sampai 2024 Saat Ini

Setiap tahunnya, industri makanan selalu menciptakan tren kuliner baru yang menggugah selera dan bercita rasa nikmat. Tren kuliner tahun ini juga diramaikan oleh makanan-makanan viral yang ada di media sosial, salah satunya melalui TikTok.

Bukan cuma bentuknya yang unik dan menarik, tapi pengaruh para konten https://limoclub.net/ kreator yang turut mempopulerkan makanan-makanan tersebut menjadi salah satu alasan utama orang-orang tertarik untuk mencoba.

Setidaknya ada sejumlah makanan yang pernah viral di tahun ini dan banyak di re-create resepnya oleh banyak orang. Nah, daripada penasaran, mending langsung aja kepoin daftar makanan viral di TikTok 2023. Check this out, Beauties!

1. Cromboloni

Salah satu makanan viral yang akhir-akhir ini berseliweran di media sosial, yaitu cromboloni. Cromboloni merupakan inovasi pastry yang memadukan antara croissant dan bomboloni.

Camilan viral ini terbuat dari kulit danish pastry yang digulung berbentuk layer-layer melingkar dan dibagian tengahnya diisi dengan filling beraneka ragam, seperti coklat, matcha, stroberi dan tiramisu. Renyahnya lapisan pastry dibagian luar dengan isian yang melimpah membuatnya begitu digemari masyarakat.

Popularitas makanan satu ini tak lepas dari peran para konten kreator saat mencicipinya. Bahkan untuk mencoba croissant berlapis-lapis ini, Beauties harus sabar mengantre, lho.

So, Beauties sudah pernah mencobanya belum?

2. Es Kul Kul

Siapa sangka bahwa jajanan viral satu ini ternyata sudah ada sejak dulu, lho. Es kul kul kembali populer setelah viral di TikTok dan di re-create oleh para konten kreator.

Camilan ini terbuat dari aneka buah potong yang dibekukan, kemudian dicelupkan ke dalam lelehan cokelat dan diberi tambahan topping diatasnya. Namun, seiring berjalannya waktu, isian es kul kul bukan cuma buah-buahan saja tapi juga dengan berbagai makanan, seperti kolang-kaling, roti hingga kurma.

Penasaran dengan rasanya? Beauties bisa membuatnya sendiri di rumah dengan mudah dengan aneka buah favorit, lho. Jangan lupa cobain!

3. Anggur Shine Muscat

Sempat viral di media sosial, keberadaan anggur shine muscat jadi banyak diburu netizen karena penasaran dengan rasa buah satu ini. Anggur ini makin populer lantaran banyak konten kreator yang membuat konten review buah unik ini di TikTok.

Anggur berwarna hijau ini ternyata berasal dari Jepang. Uniknya, anggur ini dinilai memiliki aroma yang berbeda dari anggur lainnya. Selain itu, anggur shine muscat diketahui memiliki rasa yang manis dan tanpa biji.

Harga yang dibanderol pun terbilang fantastis, yakni sekitar Rp 1 juta – Rp 1,6 juta per kilogram. Meskipun harganya cukup mahal, anggur muscat ini tetap laris manis di pasaran.

4. Buah Siram Coklat

Pertama kali di populerkan oleh konten kreator asal Malaysia dan menjadi viral di Indonesia. Buah siram coklat merupakan inovasi baru dari salad buah yang semula menggunakan saus campuran mayonaise, keju dan yogurt, kini menjadi saus coklat.

Resep membuat buah siram coklat ini cukup sederhana. Beauties hanya perlu menyiapkan aneka buah-buahan sebagai bahan utama, seperti stroberi, anggur merah dan hijau, bluberi, serta pisang. Tak lupa membuat saus dari coklat yang sudah dilelehkan sebagai topping pelengkap.

5. Salad Thailand

Beberapa waktu belakangan ini TikTok sempat diramaikan dengan konten review para influencer yang sedang mencicipi salad Thailand yang viral. Tak sedikit netizen yang dibikin ngiler saat melihat penampilan salad dengan perpaduan sayuran dan seafood mentah tersebut. Semakin menggiurkan, salad tersebut dipadukan dengan bumbu cair yang dinilai memiliki rasa manis dan pedas, serta rasa asam dari perasan jeruk nipis.

Menariknya, beberapa penjual menawarkan topping seafood yang beragam yang bisa kamu pilih. Misalnya, udang, salmon, cumi, gurita, kepiting sampai rajungan mentah sebagai topping salad kamu.

Meskipun salad tersebut berisikan seafood mentah, tapi Beauties nggak perlu khawatir karena rasanya tidak amis sama sekali. Banyak orang yang menyebut penggunaan jeruk nipis jadi kunci utama untuk menyingkirkan aroma dan rasa amis.

6. Latiao

Camilan dari luar negeri yang sempat viral di Indonesia, yaitu Latiao. Latiao merupakan camilan atau makanan ringan khas Tiongkok yang berbahan dasar tepung gandum atau tepung biji-bijian, dan minyak cabe (chilli oil).

Makanan ringan ini dinilai memiliki rasa yang cukup unik, yaitu sensasi rasa cabai yang cukup menyengat di tenggorokan ketika disantap. Selain itu, makanan ini punya tekstur yang elastis dan agak sulit dikunyah.

Meski begitu, beberapa konten kreator yang sudah menjajal latioa mengakui bahwa camilan ini enak dan bisa menghabiskan satu kemasan sendirian, lho. Wah, jadi pengin cobain juga nih.

7. Tahu Panas China

Menyantap tahu panas dengan bubuk cabai tengah jadi tren makanan yang banyak dicoba netizen Indonesia. Tren ini awalnya populer di China, yakni mengonsumsi tahu goreng dalam keadaan baru matang dan masih panas, kemudian dimakan dengan dibubuhi bubuk cabai yang pedas.

Orang Indonesia yang melihatnya pun penasaran dengan sensasi dan merasa tertantang untuk mencobanya secara langsung. Tak heran, hingga saat ini sudah banyak konten kreator TikTok yang sudah mencobanya.

Namun, banyak juga yang merasa tren makanan tersebut cukup menyiksa dan tidak tahan dengan rasa panasnya dimulut. Kalau Beauties berani coba gak?

8. Seblak Cobek ala Rafael

Sebenarnya, seblak bukanlah makanan baru bagi masyarakat Indonesia. Namun, di tahun 2023 ini, seblak yang merupakan camilan berbahan dasar kerupuk mendadak viral. Berbeda dengan seblak berkuah seperti biasanya, kali ini salah satu member SM*SH, Rafael Tan memperkenalkan seblak variasi terbaru, yaitu seblak cobek.

Seblak tersebut menggabungkan antara racikan cikur atau kencur, cabai rawit, kerupuk yang sudah direbus dan diberi sedikit minyak panas yang hingga kini masih banyak diminati.

Sebelumnya, video Rafael membuat seblak cobek ala rumahan telah ditonton lebih dari 5 juta kali oleh netizen di TikTok. Sejak video tersebut viral, sudah banyak netizen yang mencoba untuk membuatnya di rumah. Bahkan, penyanyi sekaligus aktor tersebut sampai dinobatkan menjadi duta seblak oleh netizen, lho.

9. Ikan Shisamo

Jadi makanan favorit putra kedua pasangan Raffi Ahmad dan Nagita Slavina, Rayyanza Malik Ahmad atau kerap disapa Cipung, popularitas ikan shisamo langsung menjadi incaran banyak netizen yang penasaran dengan ikan unik tersebut.

Ikan shisamo biasa disajikan dengan berbagai cara, seperti dimakan utuh, dipanggang maupun digoreng. Ikan ini tak hanya lezat, tapi juga dipenuhi telur pada bagian perutnya.

Umumnya, ikan shisamo dapat dijumpai di restoran atau tempat makan khas Jepang. Harga yang ditawarkan untuk seporsi ikan shisamo pun cukup masuk akal, rata-rata berkisar antara Rp 40 ribu – Rp 60 ribu.

10. Slim Toast Tunacado

Makanan viral yang sempat berseliweran di TikTok adalah sandwich tunacado. Sandwich ini menjadi viral di media sosial karena berbeda dengan sandwich biasanya. Makanan ini memiliki tekstur roti yang tipis dan renyah, serta isian yang lezat dan sehat.

Banyaknya influencer yang melakukan review terhadap makanan unik satu ini membuat netizen juga ikut penasaran dan ingin mencobanya. Mereka yang sudah mencoba slim toast viral ini menyebutnya sangat enak. Meskipun tampilan rotinya tampak tipis, namun isinya yang penuh tetap bisa mengenyangkan perut.

11. Mochi Bites

Sempat viral kuliner ichigo daifuku atau mochi isi stroberi. Kini kembali viral varian lain mochi, yaitu mochi bites. Berbeda dengan varian mochi yang lain, mochi bites tidak memiliki isian di dalamnya, melainkan untuk memakannya hanya perlu dicocol pada orea crumble atau saus coklat.

Cara membuat mochi viral ini pun cukup mudah, sehingga banyak orang yang mencoba untuk membuatnya sendiri di rumah. Selain itu, rasanya yang enak membuat makanan viral ini banyak digemari.

12. Black Sapote

Tampak biasa saja dari luar, buah black sapote atau sawo hitam asal Meksiko ini sempat viral karena dijual oleh Ci Mehong. Buah ini semakin diperbincangkan di media sosial, terutama TikTok karena di review oleh para konten kreator yang penasaran dengan rasa buah unik satu ini.

Banyak yang menyebut black sapote memiliki rasa yang mirip dengan puding coklat. Tak hanya rasanya, tekstur black sapote yang telah matang juga dinilai sangat mirip dengan puding coklat.