Pegunungan / Hutan

10 Mobil Paling Nyaman Untuk Liburan Menggunakan Roda Empat 2024

Mengunjungi tempat-tempat indah di berbagai penjuru tanah air pastinya menjadi impian banyak orang, dan salah satu cara terbaik untuk mewujudkannya adalah dengan melakukan road trip atau perjalanan darat. Namun, untuk memastikan perjalanan berjalan lancar, nyaman, dan tak terlupakan, memilih mobil road trip https://colbyandpartners.com/ yang tepat sangat penting untuk Anda ketahui. Oleh karena itu, dalam artikel ini, kita akan menjelajahi daftar mobil road trip yang ideal dan nyaman untuk traveling via jalur darat.

Rekomendasi Mobil Road Trip 2023

Memilih kendaraan terbaik untuk perjalanan jauh, apalagi bersama keluarga, menjadi hal penting yang sebaiknya tidak dianggap sepele. Sebagai referensi, berikut beberapa pilihan mobil yang cocok untuk traveling.

1. Toyota All New Avanza

Jika Anda mencari mobil road trip murah untuk keluarga, Toyota All New Avanza yang dapat menampung hingga 7 penumpang layak untuk dipertimbangkan.

Untuk keamanan penumpang selama di perjalanan, All New Avanza dibekali dengan fitur keselamatan yang tergolong lengkap dan canggih. Misalnya Pedal Missoperation Control, Pre-Collision Warning and Pre-Collision Braking, Front Departure Alert, dan lainnya.

Sementara itu, untuk menerjang jalanan di medan yang kurang bagus, mobil ini memiliki ground clearance 220 mm dan mesin 1.500 cc yang sudah teruji tangguh dan bertenaga.

Mobil Toyota All New Avanza sendiri tersedia dalam empat pilihan tipe, yaitu 1.3 E M/T, 1.5 G M/T, 1.5 G CVT, dan 1.5 G CVT TSS (Toyota Safety Sense).

  • Kisaran harga Toyota All New Avanza (baru): Rp235,1 juta-Rp272,5 juta
  • Kisaran harga Toyota All New Avanza (bekas): Rp207,1 juta-Rp258,5 juta

2. Daihatsu All New Xenia

Lagi cari mobil road trip irit BBM? Daihatsu All New Xenia bisa menjadi salah satu pilihan menarik untuk menemani perjalanan jauh Anda. Untuk konsumsi BBM-nya, mobil ini diklaim mampu menempuh jarak hingga 30 kilometer per 1 liter bensin dengan kecepatan 60 km/jam.

Meskipun irit, namun All New Xenia menawarkan performa andal dan bertenaga untuk bermanuver di jalanan. Ini dibuktikan lewat mesinnya yang mampu menghasilkan tenaga maksimum 106 ps dan torsi puncak 138 Nm (tipe mesin 2NR-VE, 1.5L 4cyl).

Sedangkan untuk tipe mesin 1NR-VE, 1.3L 4cyl, tenaga maksimum yang dihasilkan yaitu 98 ps dan torsi puncak mencapai 122 Nm.

  • Kisaran harga Toyota All New Xenia (baru): Rp220,15 juta-Rp277,35 juta
  • Kisaran harga Toyota All New Xenia (bekas): Rp192 juta-Rp235 juta

3. Honda CR-V

Mobil yang cocok untuk traveling berikutnya yaitu Honda CR-V yang dikenal memiliki tampilan gagah, bertenaga, dan kabin yang nyaman, baik untuk pengemudi maupun penumpang.

Mobil SUV yang mampu menampung hingga 7 penumpang ini tersedia dalam dua pilihan mesin. Pertama, mesin 1.5L DOHC VTEC Turbo Engine yang mampu menyemburkan tenaga maksimum 190 ps dan torsi puncak 240 Nm.

Kedua, kombinasi mesin 2.0L DOHC i-VTEC Engine + Electrical Continuously Variable Transmission (RS e:HEV) yang mampu memberikan performa lebih powerful dengan hasilan tenaga maksimum hingga 207 ps.

Demi memberikan kenyamanan dan keselamatan, mobil ini juga dilengkapi dengan fitur Honda SENSING yang telah terintegrasi dengan adaptive cruise control with low-speed follow.

Dengan adanya fitur ini, mobil akan mengikuti kecepatan kendaraan lain di depan secara otomatis, bahkan ketika kendaraan di depan berhenti.

  • Kisaran harga Honda CR-V (baru): Rp739,9 juta-Rp804,9 juta
  • Kisaran harga Honda CR-V (bekas): Rp198 juta-Rp740 juta

4. Toyota All New Kijang Innova Zenix

Dikenal sebagai mobil keluarga dengan mesin lincah, Toyota All New Kijang Innova Zenix memiliki kabin luas yang nyaman untuk dibawa perjalanan jauh.

Mobil trip yang masuk dalam jenis MPV ini ditenagai oleh mesin berkapasitas 2.000 cc dengan mesin hybrid, yang memiliki bahan bakar utama bensin dengan direct injection, port injection, D-4S system, dan pilihan transmisi otomatis yang nyaman untuk pengemudi.

Mesin yang digunakannya tersebut mampu menghasilkan tenaga maksimum sebesar 174 ps per 6.000 rpm dan torsi puncak mencapai 20,9 kgm per 4.500-6.600 rpm.

Soal keamanan, mobil ini dilengkapi dengan fitur lengkap seperti Hill Start Assist, Vehicle Stability Control, Airbag, Dual + Knee Airbag, ABS & EBD, serta ISOFIX untuk mendukung pemasangan kursi bayi agar lebih aman.

  • Kisaran harga Toyota All New Kijang Innova Zenix (baru): Rp425,6 juta-Rp624,6 juta
  • Kisaran harga Toyota All New Kijang Innova Zenix (bekas): Rp410 juta-Rp605 juta

5. Toyota Fortuner

Masih dari pabrikan asal Jepang, Toyota Fortuner dikenal sebagai salah satu mobil SUV paling nyaman untuk perjalanan jauh. Memiliki kaki-kaki dan rangka yang diklaim kuat, membuat Fortuner mampu diandalkan untuk melibas medan off-road selama perjalanan.

Untuk urusan tenaga, Toyota Fortuner menyediakan mesin andal berkapasitas mulai dari 2.4L dengan 4 silinder segaris, 4 katup, DOHC, VNT Intercooler. Mesin tersebut dapat menghasilkan daya maksimum 149,6 ps dan torsi puncak 40,8 kgm.

Tidak hanya gagah dan bertenaga, sistem keamanan dan keselamatan mobil ini juga relatif lengkap, mulai dari adaptive cruise control, sensor parkir, ABS+EBD+BA, airbag, hill start assist, hingga rear cross traffic alert.

Selain itu, ruang kabin yang luas dan fitur cukup lengkap, membuat pengemudi dan penumpang bisa menikmati perjalanan dengan lebih maksimal.

  • Kisaran harga Toyota Fortuner (baru): Rp560,2 juta-Rp726,85 juta
  • Kisaran harga Toyota Fortuner (bekas): Rp212 juta-Rp499 juta

6. Mitsubishi New Pajero Sport

Masuk dalam segmen SUV 2.500 cc, Mitsubishi New Pajero Sport memiliki reputasi yang baik sebagai salah satu mobil road trip keluarga terbaik yang kuat untuk dibawa perjalanan jauh.

Secara fisik, New Pajero Sport memiliki bodi besar dengan kaki-kaki yang kuat. Menawarkan ground clearance setinggi 218 mm dan velg berukuran 18 inci, membuat mobil ini mampu melibas jalanan berlubang maupun berbatu tanpa mengabaikan kenyamanan penumpang.

Tak hanya itu, SUV premium ini juga dilengkapi dengan fitur keselamatan yang lengkap, seperti Hill Start Assist, Rear Cross Traffic Alert, Forward Collision Mitigation System, Active Stability & Traction Control, Blind Spot Warning, dan masih banyak lainnya.

New Pajero Sport dibekali mesin diesel 4N15 2.4L MIVEC Turbocharged dan Intercooled yang sanggup memberikan tenaga mencapai 181 ps pada putaran 3.500 rpm.

Menariknya, ada juga fitur Off Road Mode yang memungkinkan Anda memilih mode sesuai kondisi jalanan yang dilalui.

  • Kisaran harga Mitsubishi New Pajero Sport (baru): Rp577,6 juta-Rp735,6 juta
  • Kisaran harga Mitsubishi New Pajero Sport (bekas): Rp389 juta-Rp640 juta

7. Mazda CX-5

Ketika mencari mobil road trip dari segmen SUV premium yang mewah, powerful, dan dibekali oleh berbagai fitur canggih, Mazda CX-5 bisa menjadi salah satu solusi atas kebutuhan tersebut.

Tidak kalah menggoda dari mobil-mobil Eropa, Mazda CX-5 hadir dengan menawarkan tampilan yang gagah dan modern. Mobil ini juga dilengkapi dengan fitur dan teknologi yang dapat membantu mengurangi rasa capek pengemudi saat melakukan perjalanan jauh.

Contohnya fitur Mazda Radar Cruise Control (MRCC) yang memungkinkan mobil mengukur kecepatan dan jarak relatif terhadap kendaraan di depan, dan secara otomatis mengontrol kecepatan kendaraan.

Performa yang dihasilkan pun tidak kalah menakjubkan berkat dibenamkannya mesin SKYACTIV-G berkapasitas 2.488 cc , 4 silinder, DOHC, Dual S-VT dengan cylinder deactivation yang mampu memuntahkan daya 188 hp dan torsi puncak 252 Nm.

  • Kisaran harga Mazda CX-5 (baru): Rp608,8 juta-Rp618,8 juta
  • Kisaran harga Mazda CX-5 (bekas): Rp349 juta-Rp560 juta

8.Toyota All New Land Cruiser

Bagi Anda yang memiliki jiwa petualang dan sedang mencari mobil adventure offroad, Toyota Land Cruiser adalah salah satu pilihan terbaiknya.

SUV premium berukuran besar ini memang dikenal dengan image-nya sebagai salah satu mobil tangguh penjelajah segala medan. Memiliki ground clearance setinggi 235 mm dan wheelbase 2.850 mm, membuat mobil ini tetap mampu memberikan kenyamanan meskipun di medan yang tak mulus.

Sedangkan, untuk performa gahar yang dihasilkannya ditopang oleh mesin V6D-turbo berkapasitas 3.346 cc. Mesin tersebut mampu memberikan tenaga maksimum 305 ps pada 4.000 rpm dan torsi puncak 71,4 kgm pada 1.600-2.600 rpm.

Muat menampung hingga 7 penumpang, All New Land Cruise cocok digunakan sebagai mobil adventure keluarga walaupun memang ini bukan tergolong sebagai mobil adventure murah.

  • Kisaran harga Toyota All New Land Cruiser (baru): Rp2,485 miliar-Rp2,544 miliar
  • Kisaran harga Toyota All New Land Cruiser (bekas): Rp1,950 miliar-Rp2,450 miliar

9.Toyota Hiace Commuter

Toyota Hiace Commuter cocok untuk Anda yang mencari mobil road trip keluarga dengan kabin luas karena mampu menampung hingga 16 penumpang.

Meskipun memiliki kapasitas tampung yang banyak, tapi mobil ini dilengkapi dengan berbagai fitur modern yang dapat memberikan kenyamanan bagi penumpang. Contohnya fitur Rear Ceiling AC yang terdapat di sepanjang atap mobil, Climate Control, USB Port, dan lainnya.

Untuk memudahkan akses keluar dan masuk, Toyota Hiace Commuter juga dilengkapi dengan 3 pintu, di mana khusus untuk bagian penumpang menggunakan mekanisme pintu geser yang dapat terbuka lebar.

Sebagai penunjang kenyamanan dan keselamatan berkendara, dibekali juga sejumlah fitur seperti Front and Rear Disc Brake, Anti-Lock Braking System (ABS) & Brake Assist (BA), Dual SRS Airbag, dan 3 Point Seatbelt.

  • Kisaran harga Toyota Hiace Commuter (baru): Mulai dari Rp554,8 juta
  • Kisaran harga Toyota Hiace Commuter (bekas): Rp475 juta-Rp495 juta

10. Mercedes Benz V Class

Rekomendasi mobil road trip paling nyaman untuk perjalanan jauh yang terakhir, yaitu Mercedes Benz V Class yang memiliki ruang kabin luas untuk menampung barang-barang dan penumpang hingga 7 orang.

Lini mobil van mewah buatan Jerman ini dibekali dengan berbagai fitur dan teknologi canggih untuk memberikan kenyamanan bagi penumpang. Mulai dari fungsi pemanas, pendingin, dan pemijat pada jok, sandaran betis, hingga pengaturan kursi secara elektrik.

Tak hanya itu, mobil ini juga dilengkapi dengan fitur audio berkualitas tinggi, Burmester Surround Sound system, yang mampu menyulap kabin menjadi ruang konser selama perjalanan.

Selain dukungan berbagai fitur mewah dan modern, performa mesin Mercedes Benz V Class juga turut menyokong perjalanan jauh. Ditenagai oleh mesin empat silinder berkapasitas 1.991 cc dengan turbo yang mampu menghasilkan daya maksimum 211 hp dan torsi puncak 350 Nm.

  • Kisaran harga Mercedes Benz V 250 Avantgarde Line (baru): Rp1,865 miliar-Rp2,04 miliar
  • Kisaran harga Mercedes Benz V 250 Avantgarde Line (bekas): Rp1,760 miliar-Rp2 miliar

Jenis Mobil yang Cocok untuk Road Trip

Pemilihan mobil yang tepat adalah kunci untuk memastikan kenyamanan dan keselamatan perjalanan Anda. Berikut ini adalah beberapa jenis mobil yang cocok untuk road trip.

1. SUV

Sports Utility Vehicle atau SUV adalah jenis mobil yang merupakan kombinasi dari dua tipe mobil, yaitu tipe penumpang dan off-road. Mobil jenis jenis ini dirancang untuk digunakan di berbagai kondisi jalan, termasuk jalan aspal, tanah, dan medan yang tidak rata.

SUV merupakan salah satu jenis mobil yang sangat cocok untuk road trip. Mobil SUV memiliki sejumlah keunggulan yang membuatnya pilihan yang populer bagi banyak pelancong.

Beberapa contoh mobil SUV yang cocok untuk road trip yaitu Toyota Fortuner, Mitsubishi Pajero Sport, Land Rover Defender, dan lainnya.

2. Van

Mobil van, singkatan dari “van” yang berasal dari kata “caravan,” adalah jenis mobil yang dirancang untuk mengangkut penumpang atau barang dalam jumlah besar. Mobil van umumnya berbentuk kotak, memiliki ukuran lebar dan panjang yang kurang lebih sama dengan mobil pada umumnya, namun dengan atap yang lebih tinggi.

Van adalah pilihan yang hebat jika Anda merencanakan road trip bersama keluarga besar, teman-teman, atau kelompok. Van menawarkan ruang yang luas dan kenyamanan untuk semua penumpang.

Beberapa contoh mobil road trip jenis van yaitu Toyota Hiace Commuter, Mercedes Benz V Class, VW Transporter ‘Caravelle’, dan lainnya.

3. Adventure

Istilah “mobil adventure” biasanya merujuk pada jenis mobil yang dirancang atau dimodifikasi untuk kegiatan petualangan/offroad atau eksplorasi di luar jalur utama.

Mobil-mobil ini seringkali memiliki karakteristik khusus yang membuatnya cocok untuk menghadapi medan yang berat, cuaca buruk, atau jalan yang tidak beraspal, sehingga cocok untuk digunakan road trip di alam terbuka.

Beberapa contoh mobil adventure yang cocok untuk road trip yaitu Jeep Wrangler, Toyota Land Cruiser, BMW X Series, Mazda CX-5, dan lainnya.